Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 1 Meureudu pada materi bangun ruang melalui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 17 siswa. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis, observasi aktivitas guru dan siswa, serta wawancara terhadap respon siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I ke siklus II, di mana ketuntasan belajar meningkat dari 58,82% menjadi 88,24%. Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan signifikan dari kategori cukup menjadi baik. Respon siswa terhadap penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education positif, dengan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Kesimpulannya, pendekatan Realistic Mathematics Education sebagai suatu pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang di SD Negeri 1 Meureudu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025