SMP Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Bengkayang memiliki fasilitas berupa perpustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, kendala yang dihadapi dalam pengelolaan perpustakaan adalah pengkategorian data buku, proses peminjaman buku, keterlambatan pengembalian atas peminjaman buku, kehilangan buku dan pandemi Covid-19 yang membuat perpustakaan tidak beroperasi. Maka dari itu Tugas Akhir ini membahas tentang perancangan sistem informasi e-library yang menggunakan model prototype sebagai model pengembangan perangkat lunak yang terdiri dari mendengarkan kebutuhan pelanggan, membangun atau memperbaiki mock-up dan melihat atau menguji mock-up. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan studi pustaka. E-library ini menyediakan fasilitas kepada admin perpustakaan dan anggota. Admin perpustakaan dapat mengelola data pengguna, kategori buku, data buku, data e-book, data anggota, data tarif, sewa buku, pengembalian buku, mengkonfirmasi request buku, mengakses laporan sewa buku dan laporan pengembalian buku. Anggota perpustakaan dapat mencari buku dan e-book, kemudian melakukan login agar dapat men-download e- book dan request buku yang diinginkan. E-library yang dirancang diharapkan memberikan kemudahan dalam pengelolaan buku, karena dalam pencatatan baik dari data judul buku dan jumlah buku yang ada semua dicatat pada sistem aplikasi tersebut tanpa menggunakan media buku, pelayanan peminjaman buku fisik menjadi lebih cepat dan anggota perpustakaan juga dapat membaca buku secara digital (e- book).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025