PROGRES PENDIDIKAN
Vol. 6 No. 2 (2025): May 2025

PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN BANTUL

Ernawati, Herni (Unknown)
Suryantari, Hadna (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan E-LKPD berbasis Problem Based Learning mengenai materi mengenai sistem pencernaan manusia yang layak, praktis, dan untuk menilai seberapa efektif E-LKPD berbasis PBL guna mendukung pengembangan kemampuan untuk berpikir kritis pada siswa. Metode penelitian dan pengembangan yang diterapkan mengadopsi model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Dalam hal desain, penelitian yang diterapkan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Uji terbatas melibatkan 10 siswa kelas V di SDN 3 Kadipiro, studi ini melibatkan 22 siswa kelas V di SD Muhammadiyah Ambarbinangun sebagai subjek utama. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes. Asesmen yang dikembangkan dalam penelitian ini mendapatkan tanggapan positif dari ahli materi, ahli media, guru, serta siswa. Skor penilaian ahli materi mencapai 87,27%, sedangkan dari ahli media 94,66%, keduanya tergolong kategori "Sangat Layak". Respon guru menyatakan E-LKPD berbasis PBL memperoleh penilaian 'Sangat Praktis' dengan persentase 89,41%, sementara respon dari peserta didik mencapai 86,12%. Hasil posttest juga mengonfirmasi bahwa E-LKPD berbasis PBL efektif guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Uji Paired Sample t-Test menghasilkan nilai Sig. 0,000 < 0,05, menandakan adanya perbedaan signifikan rata-rata nilai pretest sebesar 50 serta rata-rata nilai posttest mencapai 84.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PROSPEK

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

PROGRES PENDIDIKAN merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup, model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan lima mata pelajaran utama ...