Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan fondasi penting dalam perkembangan karakter dan kemampuan akademis anak. Namun, banyak lembaga PAUD yang masih mengedepankan pendekatan akademis yang monoton, yang berpotensi menurunkan motivasi belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran guru Taman Kanak-Kanak (TK) di Deli Serdang melalui penerapan metode fungames. Metode ini dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, sehingga anak dapat belajar sambil bermain. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini melibatkan pelatihan bagi guru-guru TK yang tergabung dalam Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) PGRI Deli Serdang. Pelatihan ini mencakup pengenalan konsep fungames, perencanaan pembelajaran, serta evaluasi kemampuan mengajar. Diharapkan, melalui program ini, guru dapat berinovasi dalam menciptakan ruang belajar yang menarik, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan anak dalam proses belajar. Hasil dari program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini di wilayah Deli Serdang, serta menjadi model bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di masa mendatang.
Copyrights © 2025