Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 7, No 1 (2025): Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat (April)

Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Melalui Metode Fun Games Pada Guru TK (IGTKI PGRI) se-Deli Serdang

Yuris, Evicenna (Unknown)
Raniyah, Qaulan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan fondasi penting dalam perkembangan karakter dan kemampuan akademis anak. Namun, banyak lembaga PAUD yang masih mengedepankan pendekatan akademis yang monoton, yang berpotensi menurunkan motivasi belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran guru Taman Kanak-Kanak (TK) di Deli Serdang melalui penerapan metode fungames. Metode ini dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, sehingga anak dapat belajar sambil bermain. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini melibatkan pelatihan bagi guru-guru TK yang tergabung dalam Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) PGRI Deli Serdang. Pelatihan ini mencakup pengenalan konsep fungames, perencanaan pembelajaran, serta evaluasi kemampuan mengajar. Diharapkan, melalui program ini, guru dapat berinovasi dalam menciptakan ruang belajar yang menarik, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan anak dalam proses belajar. Hasil dari program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini di wilayah Deli Serdang, serta menjadi model bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di masa mendatang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IHSAN

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal hasil tulisan ilmiah dosen yang merupakan hasil pengabdian kepada masyarakat yang dikelola oleh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat terbit pertama sekali pada bulan April tahun ...