Journal Economic Education, Business and Accounting
Vol 4 No 1 (2025): JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting)

Pengaruh Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Kupang

Maubol, Yunus (Unknown)
Data, Ari (Unknown)
Manek, Alfridus Mau (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2025

Abstract

Menganalisis bagaimana motivasi dan kedisiplinan belajar mempengaruhi hasil belajar siswa pada kelas ekonomi di SMA Negeri 2 Kota Kupang menjadi tujuan penelitian ini. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei merupakan metodologi yang digunakan. Seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 143 orang menjadi populasi penelitian, dan 105 orang dipilih secara acak dari masing-masing empat kelas (XI IPS 1, 2, 3, dan 4). Selain nilai hasil belajar yang diperoleh dari sekolah, informasi juga dikumpulkan melalui angket yang dirancang untuk mengukur tingkat kedisiplinan dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan Y = 26,053 + 0,164X1 + 0,465X2 dengan nilai R square sebesar 0,632 dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Dengan signifikansi 0,000 > 0,05, uji F menunjukkan Fhitung = 87,452 > Ftabel 3,09. Temuan ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dan disiplin belajar berdampak pada hasil belajar secara bersamaan. Secara khusus, motivasi belajar mendorong siswa untuk mencapai tujuan akademis mereka, sementara disiplin belajar membantu mereka menjadi lebih fokus dan penuh perhatian selama proses belajar. Diharapkan bahwa penelitian ini akan memberikan saran kepada para pendidik dan lembaga pendidikan tentang cara meningkatkan metode pengajaran yang akan meningkatkan motivasi dan pengendalian diri siswa, sehingga menghasilkan hasil belajar yang lebih baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JEEBA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting) is a research base journal published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Negeri Jakarta Indonesia. The journal published two times per year in april and October. This journal started publishes since 2022. The scope and ...