eL.Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar
Vol 9 No 1 (2025): Juni

ANALISIS PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Afsas, Siti Khodijah (Unknown)
Nugraheni, Nursiwi (Unknown)
Ambastari, Siwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

Salah satu inovasi media pembelajaran adalah penggunaan alat peraga untuk menunjang proses pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan minat dan kebutuhan belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran tersebut belum maksimal sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alat peraga sebagai media pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebelum dan saat penelitian, wawancara sebelum dan sesudah penelitian dan dokumentasi sebelum dan saat pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara. Penelitian dilaksanakan di kelas VI SDN Ngesrep 03, Semarang, Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga sebagai media pembelajaran dapat memberikan dampak yang baik terhadap motivasi belajar siswa dan dapat membantu siswa memahami materi pada sistem gerak manusia dengan menggunakan media pembelajaran yang konkret dan kontekstual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eL-Muhbib

Publisher

Subject

Education

Description

eL-Muhbib merupakan jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar dengan ISSN Print: 2614-1051, Online: 2716-5019, yang diterbitkan setiap dua kali setahun oleh Prodi S1 PGMI Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah sejak tahun 2017 sebagai media informasi dan pembahasan seputar ...