Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di TK Primanda UNTAN Pontianak. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan atau mengungkapkan secara apa adanya tentang strategi guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak terhadap 2 orang guru kelas kelompok B dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi selanjutnya dianalisis menggunakan Teknik Miles & Humberman. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B sudah berkembang dengan baik dalam berdoa dan berprilaku. Cara-cara guru menentukan strategi dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak yaitu menentukkan tujuan yang akan dicapai, memilih metode dan pendekatan yang sesuai, dan menetapkan strategi. Strategi yang dapat mengembangkan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun : strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, strategi pembelajaran interaktif, strategi pembelajaran melalui pengalaman dan strategi pembelajaran mandiri. Faktor pendukung dalam perkembangan dianataranya media pembelajaran, kematangan anak, dukuangan orang tua selain itu terdapat faktor penghambat di antaranya perbedaan sikap anak saat berada di rumah dan di sekolah serta beberapa orang tua yang bekerja kurang mendukung kegiatan anak.
Copyrights © 2025