Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas 4C SDN 1 Karangnanas melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dengan diferensiasi konten, proses, dan produk. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas IVC SDN 1 Karangnanas, semester genap, tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Teknik pengambilan data dilakukan melalui tes dan observasi. Analisis data dilakukan dengan percentages correction dan deskripsi. Validitas data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar peserta didik serta aktivitas guru dan peserta didik meningkat dengan penerapan pendekatan TaRL. Peningkatan ditunjukkan dengan ketuntasan prestasi belajar kelas dari hasil pretest siklus 1 dengan ketuntasan 17% , naik pada siklus 1 dengan ketuntasan 83% kemudian naik lagi pada siklus 2 menjadi ketuntasan 93% . Selanjutnya aktivitas guru siklus 1 sebesar 93,7%Â menjadi 96,9%Â pada siklus 2 dan aktivitas peserta didik siklus 1 sebesar 90,6% menjadi 96,9%Â pada siklus 2.
Copyrights © 2024