Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII C SMP Labschool Jakarta melalui penerapan Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan interaktif dan pembelajaran berdiferensiasi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada temuan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide, menyusun alur, serta menggunakan bahasa yang sesuai dalam teks cerita fantasi. Pembelajaran menulis sering kali masih bersifat konvensional, kurang memberikan ruang bagi siswa untuk bereksplorasi dan mengembangkan kreativitas mereka. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang lebih inovatif dan berpusat pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes menulis, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dengan pendekatan interaktif dan pembelajaran berdiferensiasi secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis siswa. Pada Siklus III, sebanyak 88,2% siswa mencapai kategori sangat baik, sementara 11,8% berada dalam kategori baik, dan tidak ada siswa dalam kategori cukup atau kurang. PBL terbukti meningkatkan kreativitas, motivasi, serta keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi juga membantu mengakomodasi berbagai tingkat kesiapan siswa dalam menulis, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan menulis cerita fantasi secara optimal. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam pengajaran menulis kreatif berbasis PBL, yang dapat diterapkan dalam konteks pembelajaran lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025