Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 11, No 1 (2025): Jurnal Pedagogi Matematika

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI KESEBANGUNAN KELAS VII SMP

Sarwendhah, Mega Ayu (Unknown)
Listyani, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem-based learning dan ekspositori ditinjau dari higher order thinking skills pada materi kesebangunan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII pada tahun ajaran 2023/2024 di salah satu SMP negeri di Sleman yang terdiri dari emmpat kelas dengan sampel penelitian adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pretest-posttest higher order thinking skills. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran pembelajaran problem based learning dan ekspositori sama-sama efektif ditinjau dari higher order thinking skills siswa akan tetapi, model pembelajaran problem based learning lebih efektif dari pada model pembelajaran ekspositori ditinjau dari higher order thinking skills siswa pada pembelajaran matematika materi kesebangunan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...