Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) digital berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Hormat dan Patuh pada Orang Tua dan Guru untuk kelas VIII SMPN 17 Kolaka Utara. Tujuan utama penelitian ini mencakup: (1) mendeskripsikan proses pengembangan LKPD digital berbasis CTL, (2) menguji validitas LKPD digital tersebut, dan (3) menilai tingkat kepraktisannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah 18 peserta didik kelas VIII serta guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 17 Kolaka Utara. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan tingkat validitas sebesar 78,9% (kategori valid), sementara validasi oleh ahli materi mencapai 90,6% (kategori sangat valid). Uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor rata-rata 93,7% (sangat praktis) dan oleh siswa sebesar 71,6% (praktis). Dengan demikian, LKPD digital berbasis CTL ini dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024