Wahana Didaktika
Vol. 23 No. 1 (2025): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan

Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Pendidikan Agama Islam

Aprilda Mardatillah, Nur (Unknown)
Nasution, Husaini (Unknown)
Novelia Najmi, Via (Unknown)
Intan Lestari, Yuliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran berbasis karakter dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam konteks tantangan moral dan sosial yang dihadapi generasi muda saat ini, pembelajaran PAI tidak hanya berperan sebagai sarana penyampaian ilmu keagamaan, tetapi juga sebagai wahana pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur (library research) untuk mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis karakter dalam PAI dapat dilakukan melalui strategi keteladanan, pembiasaan, penguatan positif, refleksi, dan pendekatan kontekstual. Selain itu, metode seperti ceramah interaktif, kisah islami, diskusi kelompok, dan proyek sosial dinilai efektif dalam menginternalisasi nilai-nilai karakter. Model pembelajaran yang digunakan seperti integratif, kontekstual, keteladanan (uswah), reflektif, dan problem-based learning terbukti mampu membentuk kepribadian religius dan sosial siswa. Dengan demikian, implementasi pembelajaran berbasis karakter dalam PAI sangat penting untuk menciptakan peserta didik yang berakhlak mulia, cerdas secara intelektual, serta peduli terhadap lingkungan sosialnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...