de Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 8 No. 1 (2025)

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA SMP

Polly, Lady Amanda (Unknown)
Domu, Ichdar (Unknown)
Tilaar, Anetha (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan literasi dan numerasi dalam menyelesaikan soal cerita siswa serta menganlisis kemampuan literasi dan numerasi yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 39 siswa. Data dikumpul melalui kuesioner, tes tertulis dan wawancara. dimana pada hasil kuesioner dipakai untuk mengetahui pengalaman belajar siswa sebagai data pendukung untuk melakukan tes dan wawancara secara mendalam dengan beberapa siswa, sedangkan tes tertulis untuk menentukan hasil persentase kemampuan literasi dan numerasi dan wawanca dipakai untuk mengalisis kemampuan literasi dan numerasi, dari hasil persentase tes tertulis sebanyak 5% siswa memiliki kemampuan literasi dan numerasi cukup tinggi, sebanyak 8% siswa memiliki kemampuan literasi dan numerasinya sedang dan sebanyak 87% siswa memiliki kemampuan literasi dan numerasi sangat rendah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

DEFERMAT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal de Fermat adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. Terbit dalam dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. ...