Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Sta. Maria Goreti Lembean. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi SPLDV dan tingginya persentase peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek sebanyak 28 peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, yang dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat jenis kesalahan yang umum dilakukan, yaitu kesalahan fakta (53,57%), kesalahan prosedural (46,43%), kesalahan konsep (17,86%), dan kesalahan prinsip (10,71%). Kesalahan fakta dan prosedural merupakan jenis kesalahan yang paling dominan. Temuan ini menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih menekankan pada pemahaman konsep dasar, ketelitian, serta latihan penyelesaian soal secara sistematis agar peserta didik dapat memahami dan mengaplikasikan SPLDV dengan benar/
Copyrights © 2025