Saint Paul's Review
Vol. 5 No. 1 (2025): June

Kontekstualisasi Filsafat Pendidikan Kristen di Era Digital: Menuju Pembelajaran yang Adaptif dan Relevan

Gulo, Rezeki Putra (Unknown)
Zai, Nikarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2025

Abstract

Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan Kristen. Kontekstualisasi filsafat pendidikan Kristen menjadi penting untuk memastikan bahwa pembelajaran tetap adaptif dan relevan. Artikel ini mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai filosofis pendidikan Kristen dapat diintegrasikan dengan teknologi digital tanpa mengorbankan prinsip-prinsip moral dan spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode riset pustaka, menganalisis berbagai literatur yang relevan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam kontekstualisasi ini. Masalah penelitian yang diangkat adalah, bagaimana mempertahankan nilai-nilai inti pendidikan Kristen dalam konteks pembelajaran digital yang terus berkembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran yang interaktif dan personal, namun juga menimbulkan risiko seperti disinformasi dan ketergantungan. Novelty penelitian ini terletak pada pendekatannya yang menggabungkan perspektif filosofis dan teknologi secara komprehensif, memberikan wawasan baru dalam pengembangan pendidikan Kristen yang modern dan kontekstual. Oleh sebab itu, integrasi nilai-nilai filosofis dan teknologi dapat menciptakan pendidikan Kristen yang adaptif dan relevan di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

spr

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Saint Pauls Review adalah jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan dua kali setahun oleh Bagian Pusat Studi Sekolah Tinggi Teologi Saint Paul Bandung. Jurnal ini mengkaji isu-isu kontemporer yang ada di tengah-tengah masyarakat khususnya kaum milenial yang sedang mengalami perubahan yang begitu cepat ...