Kemampuan pemecahan masalah merupakan keterampilan esensial bagi peserta didik untuk menunjang pemahaman konsep matematika dan penerapannya dalam berbagai situasi kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VI SDN 2 Sukasari. Metode yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain pretest-posttest control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dengan 62,5% peserta didik pada kelompok eksperimen mencapai kategori sangat tinggi, dibandingkan dengan peningkatan yang kurang optimal pada kelompok kontrol dengan capaian sedang. Uji-t mengonfirmasi perbedaan signifikan antar kelompok (p < 0,001), sehingga dapat disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VI SDN 2 Sukasari.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025