Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media anagram terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa sekolah dasar. Penelitian ini terpokus pada pentingnya penguasaan kosakata dalam mendukung keterampilan berbahasa serta kebutuhan akan media pembelajaran yang menarik dan relevan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN 5 Sadapaingan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menerapkan desain pre-eksperimental dengan One-Group Pretest-Posttest desain. Subjek penelitian sebanyak 12 murid kelas V. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes pretest dan posttest, lalu dianalisis dengan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji paired samples t-test. Hasilnya membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penguasaan kosakata siswa. Hasil analisis data uji paired sample t-test menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam penguasaan kosakata siswa setelah menggunakan media anagram, dengan rata-rata peningkatan sebesar 28.33 dan tingkat signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,018 (p < 0,05), sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa media anagram efektif terhadap peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025