Jurnal Ilmiah Research Student
Vol. 2 No. 2 (2025): September

Pengaruh Media Pembelajaran Canva Terhadap Pemahaman Materi Siswa Pada Materi Kebijakan Fiskal

Cheresentia Situmorang (Unknown)
Agnes Dea Lita Sitepu (Unknown)
Bona Vintura Suyana Pandiangan (Unknown)
Olive Katrina Joyanka Sihombing (Unknown)
Revita Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Canva terhadap pemahaman siswa pada materi kebijakan fiskal di SMA Negeri 17 Medan. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei, data dikumpulkan dari 38 siswa kelas XI-2 melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan Canva berpengaruh signifikan terhadap pemahaman materi siswa (sig. 0,001 < 0,05) dengan koefisien regresi 0,641. Nilai Adjusted R² sebesar 0,256 menunjukkan bahwa 25,6% variasi pemahaman siswa dipengaruhi oleh penggunaan Canva. Dengan demikian, Canva terbukti efektif sebagai media pembelajaran ekonomi yang menarik dan interaktif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jirs

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Mathematics Medicine & Pharmacology

Description

Jurnal Ilmiah Research Student ( JIRS), P- ISSN: 3025-5708 (cetak),E- ISSN: 3025-5694 (online) adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Kampus Akademik Publising . Jurnal Ilmiah Research Student ( JIRS) merupakan platform publikasi jurnal Karya suatu hasil ...