The Indonesian Journal of Computer Science
Vol. 14 No. 3 (2025): The Indonesian Journal of Computer Science

Penerapan Algoritma A* dan Edukasi terhadap Anak Usia Dini pada Game Kesiapan bencana Kebakaran

Silalahi, Rike (Unknown)
Rorimpandey , Gladly Charen (Unknown)
Maramis, Glenn (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Kebakaran merupakan salah satu bencana yang sering terjadi dan dapat menyebabkan kerugian besar, baik secara material maupun psikologis terutama bagi anak anak. Kurangnya edukasi mengenai kesiapsiaagan bencana kebakaran menjadi tantangan yang perlu diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah game edukasi berbasis android menggunakan algoritma A* untuk membantu anak-anak memahami cara menghadapi situasi darurat kebakaran .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Decelopment Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap. Game yang dikembangkan berjudul Pici Sang Penakluk Api yang dirancang dalam format 3D menggunakan Unity. Algoritma A* diterapkan untuk menentukan jalur evakuasi yang optimal. Dalam tahap pengujian dilakukan dengan metode Black Box testing yang menunjukkan bahwa game berjalan sesuai dengan fungsionalitas yang dirancang. Hasil penelitian diharakan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai kesiapsiaagan terhadap kebakaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijcs

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

The Indonesian Journal of Computer Science (IJCS) is a bimonthly peer-reviewed journal published by AI Society and STMIK Indonesia. IJCS editions will be published at the end of February, April, June, August, October and December. The scope of IJCS includes general computer science, information ...