Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 1 (2025): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbantuan Aplikasi Genially Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa

ade, Nur Ade Halimah (Unknown)
Mujib (Unknown)
Andriani, Siska (Unknown)
Mardiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2025

Abstract

Dalam perkembangan teknologi yang kian pesat diperlukan suatu sistem untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mobile learning berbantuan aplikasi genially guna mengoptimalkan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memperoleh tanggapan dari pendidik dan peserta didik mengenai media pembelajaran tersebut serta mengevaluasi tingkat keefektivannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development serta menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini melibatkan enam validator, terdiri dari tiga validator ahli materi dan tiga validator ahli media. Tahap implementasi (implementation) melibatkan 45 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kecil dengan 15 peserta didik dan kelompok besar dengan 30 peserta didik. Penilaian terhadap kemenarikan media pembelajaran dilakukan melalui angket respon peserta didik dan angket respon guru. Uji efektivitas media pembelajaran dilakukan dengan menggunakan soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran mobile learning berbantuan aplikasi genially dinilai menarik dan layak untuk digunakan. Kata Kunci: mobile learning, genially, penalaran matematis

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika is a scientific journal in the field of mathematics education and mathematics. This journal is open to all research approaches. It is published by Universitas Muhammadiyah Jember since March 2016. It provides an academic platform for ...