Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 2 (2025): Mei

Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Quipper School Terhadap Prestasi Belajar Kognitif Sosiologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Jonggat

Safitri, Vivi (Unknown)
Sukardi, Sukardi (Unknown)
Nursaptini, Nursaptini (Unknown)
Suryanti, Ni Made Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Quipper School terhadap prestasi belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data yaitu instrumen evaluasi tes atau posttest only with non-equivalent control group design berupa soal e. Populasi penelitian terdiri dari kelas XI F3 sebanyak 28 siswa, kelas XI F4 sebanyak 27 siswa, dan kelas XI F5 sebanyak 27 siswa. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan teknik purposive sampling yang sebelumnya dilakukan dengan class matching. Diperoleh hasil bahwa kelas XI F4 merupakan kelas eksperimen dan kelas XI F5 merupakan kelas kontrol, sedangkan kelas XI F3 merupakan kelas uji coba lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Jonggat. Dari hasil penelitian diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan mean kelas eksperimen (75,04) > mean kelas kontrol (59,00) yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Quipper School terhadap prestasi belajar kognitif sosiologi siswa kelas XI SMAN 1 Jonggat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...