Sangat penting bahwa pendidik menunjukkan orisinalitas dan kreativitas ketika memilih model pembelajaran untuk memenuhi tujuan mulia meningkatkan prestasi siswa di ruang kelas saat ini. Mengetahui seberapa baik model PMRI berdasarkan berhitung matematis mempengaruhi prestasi akademik siswa kelas lima menjadi tujuan utama penelitian ini. Studi yang dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif meneliti variasi struktur sebenarnya dari sebuah eksperimen Posttest-Only Control Design. Kelas V, C, dan V menjadi subjek penelitian ini. Jumlah siswa di SD Negeri 04 Palembang adalah enam puluh tiga. Kami menggunakan sampel Acak sederhana sebagai pendekatan sampel kami. Pengujian dan dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penyelidikan ini. Dalam penelitian ini, skor posttest rata-rata untuk kelompok eksperimen adalah 77,88 dan untuk kelompok kontrol adalah 66,94. Dengan perolehan data thitung = 2,516 dan ttabel = 0,2480 pada level signifikan sebesar 0,05, Ha disetujui berdasarkan analisis dengan menggunakan Uji-t sampel uji Independen dengan kriteria Ha. Kesimpulannya, model PMRI yang didasarkan pada berhitung matematis berdampak besar terhadap hasil belajar siswa kelas lima sekolah dasar. Dengan menggunakan Model PMRI, pendidik dapat merancang pelajaran yang menarik yang membuat siswa tetap terlibat dan meningkatkan hasil belajar mereka dengan mengurangi kemungkinan kebosanan.
Copyrights © 2025