All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 5, No 2: Juni 2025

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Komik terhadap Kemampuan Literasi Numerisasi Siswa Kelas VII SMP N 1 Besitang

Tanjung, Yulia Tiara (Unknown)
Halimah, Halimah (Unknown)
Siregar, Imanuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis ketuntasan dan keefektifan suatu model pembelajaran.Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental design. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk nonequivalent posttest control group design yang bertujuan untuk membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan. Penelitian ini menggunakan model penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N.1 Besitang yang terletak di Kelurahan Besitang, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkatpada Tahun Pelajaran 2024/2025 sebanyak 95 siswa. Sampel dalam penelitian ini sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling, Cluster random sampling dilakukan dengan cara mengundi tig akelas untuk  kelas VII di SMP N.1 Besitang.  Dari hasil  pengundian didapatkan sampel untuk kelas eksperimen yaitu kelas VII B sebanyak 31 siswa dan kelas kontrol VII A sebanyak 30 siswa. kesimpulan dari hasil penelitian dan pembahasan mengenai efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan komik terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII yaitu Kemampuan literasi numerasi siswa yang dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan komik mencapai ketuntasan belajar, Kemampuan literasi numerasi siswa yang dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung tidak mencapai ketuntasan belajar, Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan komik lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas VII.

Copyrights © 2025