Pendidikan adalah kunci pembangunan SDM. Peningkatan mutu dan pemerataan memerlukan perencanaan berbasis data dari Rapor Pendidikan sebelumnya untuk pengembangan sekolah yang efektif. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) dalam menyusun rencana pengembangan sekolah berkelanjutan di SMK Negeri 4 Semarang. Fokus penelitian diarahkan pada tiga aspek utama, yaitu: (1) proses pemanfaatan PBD melalui tahapan identifikasi, refleksi, dan benahi; (2) strategi pelaksanaan PBD dalam mendukung perencanaan pengembangan sekolah; dan (3) kendala yang dihadapi serta upaya mengatasinya dalam implementasi PBD. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Validitas data diperkuat melalui triangulasi sumber dan teknik. Informan penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan pemangku kepentingan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan PBD di SMK Negeri 4 Semarang dilakukan secara sistematis melalui tahapan identifikasi indikator prioritas, refleksi akar masalah, serta benahi melalui intervensi program. Strategi pelaksanaan PBD disusun dalam siklus tahunan dan melibatkan semua unsur sekolah. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan sarana data, rendahnya literasi data di kalangan guru, dan kurangnya integrasi sistem. Upaya penanganan dilakukan melalui penguatan kolaborasi, pelatihan, dan pelibatan mitra eksternal. Secara keseluruhan, implementasi PBD telah mendorong arah pengembangan sekolah yang lebih terukur, partisipatif, dan berkelanjutan. Secara keseluruhan, implementasi PBD telah mendorong arah pengembangan sekolah yang lebih terukur, partisipatif, dan berkelanjutan. Penelitian ini bermanfaat sebagai rujukan bagi sekolah lain dalam mengembangkan perencanaan berbasis data, serta memperkuat budaya reflektif dan kolaboratif untuk peningkatan mutu pendidikan.Kata Kunci: Perencanaan Berbasis Data, Pengembangan Sekolah, Sekolah Berkelanjutan, Strategi Implementasi
Copyrights © 2024