Peningkatan prestasi belajar siswa tidak hanya ditentukan oleh kemampuan akademik semata, tetapi juga dipengaruhi oleh budaya sekolah dan mutu manajemen pendidikan yang diterapkan. Fenomena menunjukkan bahwa banyak sekolah dasar yang masih berfokus pada pencapaian kognitif tanpa mengintegrasikan pembentukan karakter dan budaya sekolah yang kuat. Gap ini menjadi alasan penting untuk meneliti bagaimana implementasi budaya sekolah dan mutu akademik dapat berkontribusi terhadap peningkatan prestasi siswa secara menyeluruh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, serta peserta didik di SD IT Umar Bin Khathab Juwana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah dibangun melalui pembiasaan religius, kegiatan sosial, serta pelatihan kepemimpinan siswa yang konsisten dan terarah. Di sisi lain, mutu akademik diwujudkan melalui perencanaan pembelajaran yang sistematis, pelaksanaan pembelajaran aktif, evaluasi berkelanjutan, serta tindak lanjut pembelajaran yang konstruktif. Kombinasi antara penguatan budaya dan mutu akademik ini secara signifikan berdampak pada peningkatan prestasi siswa, baik dalam aspek akademik maupun karakter. Saran peneliti, sekolah dapat memperkuat program pembentukan karakter dengan melibatkan orang tua dan masyarakat dan perlu sistem penilaian yang mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara seimbang.Kata Kunci : budaya sekolah; mutu akademik; prestasi siswa; pendidikan dasar
Copyrights © 2025