Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pengembangan media pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di MTs Al-Washliyah Pulau Gambar, Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di MTs Al-Washliyah Pulau Gambar mampu mengembangkan dan memodifikasi media pembelajaran sesuai kebutuhan dan karakteristik siswa, meskipun dihadapkan pada keterbatasan fasilitas dan kurangnya pelatihan terkait Kurikulum Merdeka. Guru berupaya menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan melalui variasi metode dan media, serta melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Kendala yang dihadapi meliputi kurangnya fasilitas, rendahnya minat baca siswa, dan minimnya dukungan orang tua. Namun, dengan motivasi dan komitmen yang tinggi, guru tetap berinovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Penelitian ini menegaskan pentingnya kreativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran guna mendukung implementasi Kurikulum Merdeka dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025