Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): In Process

Keharaman Hewan Dalam Al-Qur'an: Kajian Tafsir Ibnu Katsir dalam Perspektif Sosial Budaya

Aulia Zulkarnaen Siddik Purba (Unknown)
Indra Suardi (Unknown)
Mustapa (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Shared Reading dalam meningkatkan keterampilan tartil siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri Satap Kualuh Hilir. Metode Shared Reading merupakan pendekatan membaca bersama yang melibatkan guru dan siswa secara aktif sehingga tercipta suasana belajar yang kolaboratif dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang dipilih secara acak dari dua kelas. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, tes hasil belajar (pretest dan posttest), serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Shared Reading memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan tartil siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik yang menunjukkan nilai thitung 2,141 > ttabel 2,006 dan signifikansi 0,04 < 0,05, serta koefisien determinasi sebesar 57,8%. Dengan demikian, metode Shared Reading dapat dijadikan alternatif efektif dalam pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan tartil siswa di sekolah menengah pertama.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...