Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Shared Reading dalam meningkatkan keterampilan tartil siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri Satap Kualuh Hilir. Metode Shared Reading merupakan pendekatan membaca bersama yang melibatkan guru dan siswa secara aktif sehingga tercipta suasana belajar yang kolaboratif dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang dipilih secara acak dari dua kelas. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, tes hasil belajar (pretest dan posttest), serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Shared Reading memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan tartil siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik yang menunjukkan nilai thitung 2,141 > ttabel 2,006 dan signifikansi 0,04 < 0,05, serta koefisien determinasi sebesar 57,8%. Dengan demikian, metode Shared Reading dapat dijadikan alternatif efektif dalam pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan tartil siswa di sekolah menengah pertama.
Copyrights © 2025