Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): In Process

Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMPAlhikmah Medan

Yuli Savithri (Unknown)
Parianto (Unknown)
Mustapa (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran reflektif dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Al-Hikmah Medan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu, melibatkan seluruh siswa kelas 8-3 sebagai sampel. data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dan tes tertulis, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran reflektif secara signifikan meningkatkan kecerdasan spiritual siswa, yang ditandai dengan peningkatan kesadaran diri, kemampuan berdoa, pengambilan keputusan berbasis etika agama, dan empati sosial. Temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran reflektif efektif sebagai strategi pengembangan kecerdasan spiritual dalam pembelajaran PAI. Oleh karena itu, sekolah disarankan untuk mengintegrasikan model ini dalam proses pembelajaran guna mendukung pembentukan karakter dan spiritualitas siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...