Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi verbal dan nonverbal pada pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Studi Kepustakaan (Library Research). Metode ini melibatkan serangkaian aktivitas seperti mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur, membaca, serta mengolah informasi tersebut menjadi bagian dari kajian penelitian. Pendekatan ini juga mencakup penelaahan terhadap buku-buku dan referensi yang relevan dengan topik yang diteliti, yang sekaligus dijadikan sebagai dasar teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi verbal merupakan aspek penting yang harus dikembangkan sejak usia dini, karena menjadi dasar dalam menyampaikan ide, perasaan, dan pikiran kepada orang lain yang melibatkan dua keterampilan utama, yaitu berbicara dan mendengarkan, serta menggunakan unsur bahasa dan kata sebagai media penyampaian. Serta komunikasi non-verbal juga merupakan elemen penting dalam interaksi, khususnya dalam pembelajaran anak usia dini. Melalui ekspresi wajah, gesture, kontak mata, proksemik, dan intonasi suara, guru dapat menyampaikan pesan secara lebih jelas, membangun kedekatan emosional, serta mengatur perilaku peserta didik tanpa harus selalu menggunakan kata-kata.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025