Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): In Process

Efektivitas Komunikasi Verbal dan Nonverbal pada Pembelajaran Anak Usia Dini: untuk mengetahui efektivitas komunikasi verbal dan nonverbal pada pembelajaran anak usia dini

Lubis, Risky Yaskinah (Unknown)
Riskiah Nur (Unknown)
Ifrah Julaiha (Unknown)
Marlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi verbal dan nonverbal pada pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Studi Kepustakaan (Library Research). Metode ini melibatkan serangkaian aktivitas seperti mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur, membaca, serta mengolah informasi tersebut menjadi bagian dari kajian penelitian. Pendekatan ini juga mencakup penelaahan terhadap buku-buku dan referensi yang relevan dengan topik yang diteliti, yang sekaligus dijadikan sebagai dasar teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi verbal merupakan aspek penting yang harus dikembangkan sejak usia dini, karena menjadi dasar dalam menyampaikan ide, perasaan, dan pikiran kepada orang lain yang melibatkan dua keterampilan utama, yaitu berbicara dan mendengarkan, serta menggunakan unsur bahasa dan kata sebagai media penyampaian. Serta komunikasi non-verbal juga merupakan elemen penting dalam interaksi, khususnya dalam pembelajaran anak usia dini. Melalui ekspresi wajah, gesture, kontak mata, proksemik, dan intonasi suara, guru dapat menyampaikan pesan secara lebih jelas, membangun kedekatan emosional, serta mengatur perilaku peserta didik tanpa harus selalu menggunakan kata-kata.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...