Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Juni-Desember 2025

Penerapan Metode Flipped Classroom dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI SMA Negeri 13 Medan

Nara Puan Majid (Unknown)
Ramlan Padang (Unknown)
Rabiatul Adawiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Flipped classroom terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen sejati (pretest-posttest control group design) yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan metode Flipped classroom dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Sampel penelitian berjumlah 72 siswa yang terbagi rata ke dalam dua kelas. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil uji validitas menunjukkan 26 dari 30 soal dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,85. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen meningkat dari 50,88 menjadi eighty one,eleven, sedangkan kelas kontrol dari 52,00 menjadi 65,00. Nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 62,09% (cukup efektif), sedangkan kelas kontrol hanya 15,95% (rendah). Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi < 0,001 (? 0,05) yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penerapan metode Flipped classroom terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, metode Flipped classroom terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Adab Menggunakan Media Sosial dalam pembelajaran PAI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...