Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): In Process

Pengaruh Metode Pembelajaran Joyfull Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Patumbak

Saidannur (Unknown)
Tuti Alawiyah (Unknown)
Ahmad Adib (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui imbas metode pembelajaran joyful learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan kepercayaan Islam (PAI) peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Patumbak. Metode penelitian yg digunakan merupakan kuantitatif menggunakan pendekatan survei. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII yg berjumlah 160 orang, menggunakan sampel sebesar 35 siswa yang dipilih random. Instrumen penelitian berupa angket dan dokumentasi, dan analisis data dilakukan memakai bantuan SPSS. hasil penelitian membagikan bahwa terdapat efek yang signifikan antara penerapan metode joyful learning terhadap hasil belajar PAI siswa, dengan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,558 atau 55,8%. artinya, metode joyful learning berkontribusi secara nyata pada menaikkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Temuan ini merekomendasikan agar pengajar lebih aktif menerapkan pembelajaran yang menyenangkan untuk menaikkan motivasi dan akibat belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...