Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): In Process

Efektivitas Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Istiqlal Medan Marelan

Zuwanda Fitria Usman (Unknown)
Mohammad Firman Maulana (Unknown)
Mustapa (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Menggunakan metode konvensional, menilai efektivitas pendekatan MI pada menaikkan pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran Fikih, serta mengidentifikasi jenis kecerdasan beragam yg paling mayoritas berkontribusi terhadap peningkatan pemahaman peserta didik pada MTs Istiqlal Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimen serta desain pretest-posttest pada dua gerombolan , yaitu grup eksperimen (menggunakan pembelajaran berbasis MI) serta gerombolan kontrol (metode konvensional). Data penelitian dikumpulkan melalui tes pemahaman siswa pada materi Fikih dan dianalisis secara statistik. yang akan terjadi penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis MI secara signifikan mempertinggi pemahaman siswa dibandingkan metode konvensional, menggunakan nilai rata-homogen posttest kelompok eksperimen (93,65) lebih tinggi daripada gerombolan kontrol (73,70). Uji statistik (thitung = 7,581 > ttabel = 1,682) menegaskan bahwa pendekatan MI efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Selain itu, akibat observasi mengidentifikasi kecerdasan interpersonal dan kinestetik menjadi jenis kecerdasan yg paling lebih banyak didominasi berkontribusi terhadap peningkatan pemahaman peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan penerapan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences di madrasah buat mengakomodasi keragaman potensi siswa dan menaikkan efektivitas pembelajaran Fikih.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...