Pendidikan karakter merupakan sebuah usaha yang dilakukan oleh berbagai aspek sekolah bahkan dilakukan dengan kolaborasi orang tua dan masyarakat guna membantu anak-anak agar memiliki karakter sesuai dengan cerminan bangsanya seperti empati peduli berpendirian bertanggung jawab gotong royong bekerja sama benar kritis serta memiliki kebinekaan global menyikapi pentingnya pendidikan karakter terhadap anak usia dini maka perlu pembiasaan yang dilakukan baik dalam lingkungan keluarga sekolah maupun dalam lingkungan bermasyarakat dalam lingkungan sekolah pembelajaran karakter ini harus dibangun dari semua sudut bangunan di sekolah baik itu di ruangan bermain maupun di ruang kelas, sehingga sekolah layaknya membuat ruang kelas ini menjadi efektif untuk menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini. Dalam jurnal ini bertujuan untuk memberitahukan bagaimana ruang kelas yang efektif untuk pendidikan karakter agar mampu diimplementasikan di sekolah bagian pertama dalam jurnal ini adalah memperkenalkan pendidikan karakter fungsi dan tujuan pendidikan karakter bagian kedua adalah pembahas tentang unsur-unsur yang ada pada ruang kelas berkarakter.
Copyrights © 2025