Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): In Process

Pengaruh Penerapan Portofolio Terhadap Hasil Belajar Fikih Kelas VII MTs Pondok Pesantren Daarut Thalibiin Kota Datar

Wahyu Fadillah (Unknown)
Parianto (Unknown)
Nurdiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs Pondok Pesantren Daarut Thalibiin. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest siswa mencapai 87,3 yang termasuk dalam kategori baik. Uji-t menghasilkan nilai t-hitung sebesar 5,177 dengan t-tabel 2,0.5 dan signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara penggunaan portofolio dan peningkatan hasil belajar. Analisis koefisien determinasi menunjukkan portofolio berkontribusi sebesar 55,1% terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Secara keseluruhan, pembelajaran berbasis portofolio terbukti efektif meningkatkan pemahaman konsep fikih dan membentuk sikap ilmiah serta religius siswa, sehingga direkomendasikan untuk diimplementasikan secara luas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam tingkat Tsanawiyah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...