Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): In Process

Implementasi Sistem Pelayanan Pelanggan pada Donat Jingga untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Selinggo, Rorin (Unknown)
Ramadhani, Putri Asri (Unknown)
Victoria, Victoria (Unknown)
Putra, Ramdani Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang pada UMKM Donat Jingga. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengimplementasikan sistem pelayanan pelanggan yang lebih terstruktur guna meningkatkan loyalitas pelanggan. Melalui identifikasi masalah, ditemukan bahwa Donat Jingga belum memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan, pencatatan umpan balik pelanggan, maupun strategi retensi konsumen. Oleh karena itu, tim PKL merancang SOP pelayanan pelanggan, formulir pencatatan feedback, serta program loyalitas sederhana untuk mendorong repeat order. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa adanya peningkatan kesadaran pemilik usaha terhadap pentingnya pelayanan pelanggan, terbentuknya sistem pelayanan yang lebih konsisten, dan peningkatan keterlibatan pelanggan melalui optimalisasi media sosial. Kegiatan PKL ini diharapkan dapat menjadi fondasi bagi Donat Jingga untuk mengembangkan usahanya secara berkelanjutan di tengah persaingan pasar kuliner.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...