Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Juni-Desember 2025

Pengaruh Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Sebelum Pembelajaran Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa SMP Islam Plus Al-Ikhlas Taqwa Medan

Muhammad Fandi Auliya (Unknown)
Rahmat Rifai Lubis (Unknown)
Abdul Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran terhadap kecerdasan spiritual siswa di SMP Islam Plus Al-Ikhlas Taqwa Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada siswa dan dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran dengan kecerdasan spiritual siswa, dengan nilai t-hitung sebesar 8,981 yang lebih besar dari t-tabel 1,988 dan nilai signifikansi 0,000 < zero,05. Kontribusi pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa adalah sebesar 78,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini menegaskan pentingnya pembiasaan membaca Al-Qur’an sebagai upaya membangun kecerdasan spiritual siswa di lingkungan sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...