ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) terhadap kemampuan menulis puisi di siswa kelas IV SD Muhammadiyah 65 Sumberharta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 65 Sumberharta, tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Pada teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis uji-z. Hasil penelitian ini setelah diterapkan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) dapat signifikan mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) hasil belajar siswa dalam materi menulis puiai di siswa kelas IV SD Muhammadiyah 65 Sumberharta. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata pre-test sebesar 53,29 dan nilai post-test 73,14. Data tes yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-z diperoleh zhitung (10,685) > ztabel (2,085) untuk taraf signifikan 5%. Hal ini bearti Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) secara signifikan tuntas kemampuan siswa pada materi menulis puisi di siswa kelas IV SD Muhammadiyah 65 Sumberharta.
Copyrights © 2025