Jurnal Pembelajaran Inovatif
Vol. 8 No. 1 (2025): Jurnal Pembelajaran Inovatif

Pengembangan Modul Cetak "Pelaporan Keuangan UMKM" untuk Pelatihan The Mentor di OK OCE Indonesia

Agustin, Rini (Unknown)
Ariani, Diana (Unknown)
Kustandi, Cecep (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini menghasilkan produk cetak berjudul “Modul Cetak Pelaporan Keuangan UMKM untuk Pelatihan The Mentor di OK OCE Indonesia” yang bertujuan membantu UMKM dalam memahami dan menyusun laporan keuangan usaha. Pengembangan produk ini menggunakan model Rowntree melalui tiga tahap: perencanaan, persiapan penulisan, serta penulisan dan penyuntingan. Evaluasi formatif dilakukan melalui expert review (ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan ahli media), one-to-one dengan 3 peserta UMKM, serta field test dengan 18 peserta. Hasil uji coba menunjukkan modul cetak berkualitas baik dengan sedikit perbaikan. One-to-one evaluation mendapat skor rata-rata 3,64 (Sangat Baik), sedangkan field test menunjukkan peningkatan dari pre-test (44,44) ke post-test (85). Analisis N-Gain Score mendapatkan hasil 0,71 (Tinggi) atau 71,35% (Cukup Efektif). Sehingga dapat dikatakan, modul cetak ini efektif dalam meningkatkan pemahaman UMKM OK OCE Indonesia dalam membuat laporan keuangan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Pembelajaran Inovatif mendorong dosen, mahasiswa, praktisi, pemerhati, peminat TP dan guru untuk meneliti, menelaah, mengkaji, menelurkan gagasan kreatif terkait proses belajar di abad 21 & pembelajaran dari pendekatan konvensional namun inovatif hingga menggunakan teknologi ...