Rendahnya literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik SMP menjadi tantangan utama dalam pembelajaran sains, terutama dalam memahami konsep yang relevan dengan kehidupan nyata. Polusi udara, sebagai isu lingkungan global yang berdampak pada kesehatan dan kehidupan manusia, menjadi konteks pembelajaran yang strategis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah, khususnya keyakinan bahwa setiap masalah memiliki solusi (a belief that problems have solutions). Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi polusi udara yang mengintegrasikan sintaks PBL meliputi orientasi masalah, organisasi belajar, penyelidikan, pengembangan solusi, dan evaluasi. Metode penelitian adalah R&D dengan memodifikasi 3D (Define, Design dan Develop). Proses validasi melibatkan tiga ahli yang menilai aspek kelayakan isi, kebahasaan, konstruksi, dan kebermanfaatan LKPD. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL ini sangat valid dengan skor rata-rata 81%–95%, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Desain LKPD ini membantu siswa memahami konsep polusi udara, melatih keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, serta mengembangkan sikap ilmiah secara holistik.
Copyrights © 2025