Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 9 No. 1 (2025): OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika

PERBANDINGAN ANTARA METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Syahputri, Selvia Mariska (Unknown)
Kistiono, Kistiono (Unknown)
Akhsan, Hamdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Beberapa studi menunjukkan bahwa siswa cenderung tidak dapat menjelaskan dan mengaitkan konsep pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan metode pembelajaran demonstrasi dan eksperimen dalam model PBL terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif (ex post facto) dengan desain perbandingan kelompok statis. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 22 Palembang pada Tahun Ajaran 2024/2025 pada bulan April 2025. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 22 Palembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling. Sampel penelitian melibatkan 80 siswa kelas X, yang dibagi menjadi dua kelompok: 40 siswa diajar dengan metode demonstrasi dan 40 siswa dengan metode eksperimen selama dua pertemuan (6 JP). Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda yang berjumlah 10 soal materi pemanasan global untuk mengukur hasil belajar. Uji Kolmogorov-Smirnov digunakan untuk menguji normalitas data dan didapatkan bahwa data tidak terdistribusi normal (0.000 < 0.05). Selanjutnya, analisis data diuji dengan statistik non-parametrik, yaitu uji Mann-Whitney U. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Sehingga, bisa dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar fisika antara kedua kelompok yang diajar menggunakan metode demonstrasi dan  eksperimen dalam kerangka model pembelajaran PBL.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...