Inovasi Pendidikan Fisika
Vol. 1 No. 1 (2012)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Inkuiri Terhadap Hasil ‎Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pacet pada Materi Perpindahan Kalor

Wati, Nia (Unknown)
Suliyanah, Suliyanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Penelitian yang berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pacet pada materi perpindahan kalor bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan inkuiri terhadap hasil belajar siswa dan mendeskripsikan respons siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan inkuiri. Desain penelitian ini adalah randomized control group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pacet yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas eksperimen (VII E, VII F, dan VII G) dan satu kelas kontrol (VII C). Hasil pretest dianalisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, sedangkan hasil posttest dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan inkuiri pada materi perpindahan kalor di kelas VII SMP Negeri 1 Pacet lebih baik daripada penerapan pembelajaran yang biasa diterapkan di sekolah dan hasil angket respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan inkuiri pada materi perpindahan kalor adalah positif.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan fisika meliputi bidang Filsafat dan Kurikulum, Inovasi Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pendidikan ...