Potensia
Vol 9, No 2 (2023): Desember

Pengembangan E-Learning berbasis Youtube yang Terintegrasi Google Classroom pada Perkuliahan Agama Islam

Sari, Nove Kurniati (Unknown)
Muhja, Zainal Abidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Perkuliahan Agama Islam konvensional memiliki kendala dalam interaktivitas dan metode pengajaran yang dominan ceramah dan mengurangi keterlibatan mahasiswa. Sehingga diperlukan pendekatan E-Learning terintegrasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi mahasiswa dalam pembelajaran Agama Islam di perguruan tinggi. Penelitian ini menerapkan model Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi (ADDIE) dalam pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi YouTube untuk Mata Kuliah Agama Islam di Universitas Borneo Tarakan. Model ADDIE diadaptasi untuk merinci langkah-langkah pengembangan dan implementasi media pembelajaran dengan fokus pada interaktivitas dan metode pengajaran yang berbasis proyek. Pengujian konstruk dilakukan oleh peneliti sebagai dosen dan pengujian konten melibatkan 26 mahasiswa sebagai pengguna. Data kualitatif dalam penelitian ini dianalisis menggunakan langkah-langkah interatif yaitu membaca/mengingat, mendeskripsikan, dan mengklasifikasikan, kemudian data kuantitatif  dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Google Classroom terintegrasi YouTube telah dihasilkan dan diuji untuk mata pelajaran Studi Islam. Pengujian konstruk menunjukkan bahwa media pembelajaran ini "layak" berdasarkan penilaian Koordinator Tim Dosen serta ahli media pembelajaran, dan berdasarkan respons pengguna menunjukkan bahwa keandalan konstruknya "baik". Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi YouTube secara signifikan meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam konteks mata kuliah Agama Islam di Universitas Borneo Tarakan. Hal ini membuktikan bahwa integrasi E-Learning dengan model ADDIE dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pengajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Potensia

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL POTENSIA, Jurnal Kependidikan Islam adalah jurnal yang terbit dwi tahunan yaitu Juni dan Desember. Redaksi menerima artikel yang berkaitan dengan kependidikan Islam yang asli dan belum pernah dipublikasikan pada media manapun. Artikel dapat dikirimkan melalui email: ...