Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran berdiferensiasi pada materi Indonesiaku Kaya Hayatinya kelas V SDN Jember Kidul 03. Jenis penelitian yang digunakan adalahlpenelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Jember Kidul 03 yang terdiri dari 25 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Ukuran ketuntasan kelas minimal untuk hasil belajar sebesar 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas V SDN Jember Kidul 03 mencapai hasil belajar yang lebih baik apabila menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini terlihat dari capaian klasikal hasil belajar Siklus I sebesar 59%, kemudian meningkat pada Siklus II sebesar 82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Jember Kidul 03.
Copyrights © 2025