Jurnal IKA PGSD : Ikatan Alumni PGSD UNARS
Vol 16 No 1 (2025): Edisi Juni

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KELAS V SD

Puspitha Sari, Eka Septiana (Unknown)
Aly, Lathifa (Unknown)
Na’im, Mohamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran berdiferensiasi pada materi Indonesiaku Kaya Hayatinya kelas V SDN Jember Kidul 03. Jenis penelitian yang digunakan adalahlpenelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Jember Kidul 03 yang terdiri dari 25 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Ukuran ketuntasan kelas minimal untuk hasil belajar sebesar 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas V SDN Jember Kidul 03 mencapai hasil belajar yang lebih baik apabila menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini terlihat dari capaian klasikal hasil belajar Siklus I sebesar 59%, kemudian meningkat pada Siklus II sebesar 82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Jember Kidul 03.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pgsdunars

Publisher

Subject

Education Other

Description

IKA PGSD adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Pertama kali dibentuk pada tahun 2012, dan saat ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal IKA PGSD berisikan hasil penelitian dan kajian ...