Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 2 (2025): April - June 2025

Meta Analisis Lembar Kerja Digital Berbasis Geogebra terhadap Kemampuan Penalaran

Hardiana, Hardiana (Unknown)
Putriyani, Putriyani (Unknown)
Djafar, Suarti (Unknown)
Nurdin, Nurdin (Unknown)
Alam, Pratiwi Pujilestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki urgensi yang tinggi dalam upaya mengintegrasikan teknologi digital secara efektif dalam pembelajaran matematika. Geogebra sebagai perangkat lunak dinamis yang menawarkan visualisasi konsep abstrak yang dapat membantu peserta didik mengembangkan kemampuan penalaran yang merupakan kunci dalam pembelajaran matematika. Melalui penelitian ini, dapat diperoleh data dan bukti nyata mengenai sejauh mana lembar kerja digital berbasis geogebra mampu menfasilitasi pemahaman konsep, keterlibatan aktif serta mendorong kemandirian belajar peserta didik. Tujuan penelitian untuk meninjau kembali peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik melalui lembar kerja digital berbasis geogebra dari sekian artikel penelitian relevan secara komprehensif dan mendalam. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis yang meliputi lima tahap: definisi masalah penelitian, pengumpulan data, proses pengkodean, analisis statistik, dan presentasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai effect size termasuk dalam tiga kategori: sedang, besar, dan sangat besar, yang menunjukkan bahwa, penggunaan lembar kerja digital berbasis geogebra terbukti memberikan dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematika peserta didik secara keseluruhan. Selain itu, hasil perhitungan uji rata-rata juga dapat ditemukan bahwa nilai = 21,28 dan , karena 21,28 = maka ditolak. Artinya, mean kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol sehingga menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran melalui lembar kerja digital berbasis geogebra. Penelitian lebih lanjut disarankan agar dilakukan kajian lebih mendalam dengan mempertimbangkan variabel lain seperti tingkat literasi digital peserta didik, gaya belajar, serta peran tenaga pendidik dalam menfasilitasi penggunaan geogebra.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...