Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di SD IT Al Minah, Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Pendekatan penelitian kualitatif adalah suatu jenis penelitian yang bersifat deskriptif serta cenderung pada penggunaan sebuah analisis yang lebih mendalam.Penulis memperoleh informasi bahwa siswa kelas I SD IT Al Minah berjumlah 23 siswa. Terdapat 5 siswa yang sudah mempunyai kemampuan membaca awal yang baik serta 20 siswa yang masih mengalami kesulitan atau ketidakmampuan dalam memulai membaca.Media pembelajaran flashcard adalah alat yang digunakan oleh guru sebagai bahan komunikasi guru selama proses pembelajaran di kelas untuk menyampaikan pesan kepada siswa. Disleksia adalah suatu gangguan neurologis yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk memproses informasi bahasa tertulis. Kondisi ini tidak terkait dengan inteligensi atau kemampuan akademik seseorang, tetapi lebih terkait dengan cara otak memproses informasi bahasa tertulis. Evaluasi dan refleksi untuk mengatasi siswa disleksia sangat penting untuk memastikan strategi yang diterapkan efektif dan sesuai dengan kebutuhan mereka
Copyrights © 2025