Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran IMPROVE dengan pendekatan PMRI. Penelitian ini menggunakan metode true experimental design dengan Post-test Only Control Group Design. Populasinya adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau dan kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan literasi matematika. Teknik analisis data menggunakan: (1) uji tuntas rataan dianalisis menggunakan one sample t test, (2) Uji proporsi, (3) Uji beda rata-rata bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan rata-rata kemampuan literasi matematika antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dan (4) Uji beda proporsi untuk melihat apakah banyaknya siswa dalam kelas eksperimen yang mencapai batas tuntas lebih dari banyak siswa yang mencapai batas tuntas dalam kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IMPROVE dengan pendekatan PMRI efektif terhadap kemampuan literasi matematika siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024