Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas VIIA di SMP Darul Hikmah Langkap Burneh Bangkalan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan fokus pada hasil belajar siswa dan pelayanan yang bermasalah dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian 31 siswa kelas VIIA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada antusiasme siswa terhadap materi pembelajaran fiqih yang diberikan dan respon positif siswa terhadap metode demonstrasi. Peningkatan tersebut terlihat dari persentase siswa yang memilih sangat setuju (SS) pada siklus I dan siklus II. Respon siswa terhadap pembelajaran Fiqih dengan metode demonstrasi dikategorikan baik. Selain itu, hasil peningkatan nilai yang diberikan oleh observer juga menunjukkan peningkatan dalam pengelolaan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi. Skor penilaian observer meningkat dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi metode demonstrasi efektif dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas VIIA di SMP Darul Hikmah Langkap Burneh Bangkalan.
Copyrights © 2025