Mammiri: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2025): Juni 2025

Pendampingan Penerapan Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika di SMA Mahaputra Tello Makassar

Setiawan, Trisno (Unknown)
Helmi, Helmi (Unknown)
Usman, Usman (Unknown)
Said, Sukmawati (Unknown)
Agustini, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi guru-guru di SMA Mahaputra Tello Makassar dalam menerapkan model lesson study sebagai strategi peningkatan kualitas pembelajaran fisika. Lesson study dipilih karena pendekatan kolaboratif ini mampu mendorong refleksi mendalam terhadap praktik mengajar, serta meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesionalisme guru. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi sosialisasi konsep lesson study, pelatihan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berbasis lesson study, observasi kelas, serta refleksi bersama. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru terhadap prinsip dan tahapan lesson study, serta perbaikan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran fisika yang lebih berpusat pada peserta didik. Kegiatan ini juga mendorong terjadinya kolaborasi dan budaya refleksi antar guru sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan demikian, penerapan lesson study terbukti efektif sebagai salah satu alternatif pengembangan profesionalisme guru fisika di tingkat sekolah menengah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mammiri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MAMMIRI: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal yang mewadahi hasil-hasil penelitian untuk kepentingan masyarakat. Dengan fokus penerapan hasil-hasil penelitian di bidang ilmu pengetahuan, teknosains, teknologi lingkungan, ilmu pendidikan, tanaman obat dan farmakologi, jurnal ini menjadi ...