J-CEKI
Vol. 4 No. 4: Juni 2025

Media Sosial dan Peran Selebgram (Selebriti Instagram) dalam Kampanye Edukasi Covid-19 di Masa Pandemik

Tamam, Muhammad Ibnu (Unknown)
Waro, Ruhamaul (Unknown)
Zaeni, Rahmania Auriel (Unknown)
Nuzula, Alfiyah Firdausi (Unknown)
Husna, Wardiyatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Kemunculan virus corona memberikan dampak kepada selebgram atau influencer untuk selalu kreatif dalam memberikan pengetahuan dan informasi atau membuat hal baru menggunakan platform media sosial Instagram, sehingga banyak upaya-upaya dan ide yang muncul dan dilakukan oleh para selebgram ini. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan peran selebriti instagram (selebgram) dalam kampanye edukasi Covid-19 di platform media sosial Instagram pada masa pandemik. Metode yang digunakan adalah jenis pendekatan kualitatif metode studi kasus. Adapun, sumber data diperoleh melalui artikel jurnal ilmiah, berita, video, dan gambr yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat banyak cara yang dilakukan oleh beberapa selebgram untuk mengedukasi para pengikutnya tentang bahaya virus corona dan cara pencegahannya agar terhindar dari virus ini. Diantara tiga selebgram yang memiliki peran besar dalam mengedukasi masyarakat atau para pengikut instagram, diantaranya adalah selebgram atau pengusaha muda Awkarin, selebgram atau entrepreneur muda Rachel Vennya dan dokter gaul sekaligus relawan Covid-19 yaitu Dr. Tirta.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...