Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengoptimalkan pencapaian hasil belajar siswa kelas XI TSM di SMK Nasional Malang pada kompetensi Continuously Variable Transmission (CVT) melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Games Tournament (TGT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi pada masing-masing siklus. Temuan penelitian mengindikasikan adanya peningkatan signifikan dalam pencapaian belajar siswa; nilai rata-rata yang semula 51 pada pra-siklus meningkat menjadi 73 pada siklus pertama, dan mencapai 82 pada siklus kedua, melampaui Kriteria Ketuntasan Kompetensi Program (KKTP) yang telah ditetapkan yaitu 75. Model TGT terbukti mampu membangun atmosfer belajar yang interaktif, menggembirakan, dan mendorong kerjasama tim dan motivasi siswa melalui kompetisi yang sehat. Penggunaan model pembelajaran TGT direkomendasikan dalam penelitian ini sebagai cara efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep teknis seperti CVT dalam lingkungan SMK. Kata kunci: Kompetensi CVT, Cooperative Learning TGT, Hasil Belajar, SMK
Copyrights © 2025